printer inkjet

Ternyata Printer Saja Ada 5 Jenis Loh, Apa Saja? Yuk Kenalan Dengan Tipe-Tipe Printer

Teknoos.net – Perkembangan teknologi memang tidak ada matinya, hal ini terbukti dari berbagai inovasi yang hadir tiap tahunnya di bidang teknologi, entah itu berupa smartphone, hardware, software dan berbagai perangkat peripheral yang lainnya.

Salah satunya adalah printer yang sudah menjadi keseharian kita baik di rumah ataupun sebagai perlengkapan kantor yang biasanya digunakan untuk cetak laporan dan dokumen.

Tapi tahukah kamu kalau selain printer tersebut, ternyata ada berbagai jenis printer lainnya lagi loh?

 

Printer Dot Matrix

Printer dot matrix
(Gambar : alcaidc.com)

Ini merupakan generasi printer yang paling lama, bisa dibilang ini adalah printer dengan jenis lama karena fungsinya yang hampir mirip dengan mesin tik. Printer ini menggunakan pita yang terdapat di dalamnya untuk dapat mencetak tulisan ke dalam kertas.

Cara kerjanya, printer  dot matrix menggunakan pita sebagai tinta, dan pin yang berfungsi sebagai alat pemukul untuk mencetak pada bidang kertas. Hasil cetakannya berupa titik-titik kecil yang merangkai menjadi karakter. Oleh sebab itu hasil cetakan printer ini terlihat kasar.

 

Printer Inkjet

printer inkjet
(Gambar : epson.com)

Printer jenis ini merupakan evolusi teknologi dari generasi yang pertamanya, sehingga bisa menghasilkan kualitas cetak yang lebih baik. Saat ini cukup banyak printer inkjet yang tersedia di pasaran dengan berbagai model serta harga yang terjangkau.

Dengan kualitas kertas yang semakin baik, maka kamu juga bisa mendapatkan hasil cetakan yang semakin baik juga. Printer ini mendukung penggunaan kertas yang besar sekalipun sebagai medianya.

Cara kerja printer inkjet adalah menyemprotkan tinta ke kertas melalui saluran pipa kecil pada catridge sehingga proses pencetakkan karakter ataupun grafik dapat dilakukan.

 

Printer Laser Jet

printer laserjet
(Gambar : amazon.com)

Printer ini bisa dibilang memiliki perbedaan dengan printer inkjet dan dot matrix, karena printer ini menggunakan infra merah dengan tone sebagai bahan baku untuk pencetakannya.

Perlu diketahui, printer ini menggunakan gabungan sistem dari teknologi mesin fotocopy, dikenal dengan teknologi xerographic sehingga ketika proses pencetakkan akan dilakukan maka output digital komputer akan dirubah menjadi sinar laser.

Dengan begitu proses pencetakkan akan lebih cepat kering, dan kerapatan hasil print-an akan menghasilkan kualitas yang sangat baik (ini termasuk printer dengan pencetakkan yang tinggi).

 

Thermal Printer

Thermal Printer
(Gambar : ebay.com)

Bisa dibilang untuk printer yang satu ini biasanya hanya ditemui pada toko-toko swalayan, restoran cepat saji, ataupun minimarket yang bergerak dibidang penjualan retail.

Thermal printer ini hampir sama dengan dot matrix, tetapi menggunakan panas dan bukan ketukan atau impact. Keuntungan dari penggunaan thermal printer adalah suaranya yang halus dan mempunyai kecepatan print yang tinggi,  kelemahannya adalah harus menggunakan kertas khusus thermal (bukan kertas biasa).

Keunggulan dan spesifikasi printer thermal bisa dibaca lebih lengkap disini: http://agmtech.co.id/idn/product/FujitsuThermalPrinterFP1000LAN

 

Printer 3 D

printer 3d
(Gambar : imakr.com)

Yap inilah generasi terbarukan untuk printer, sebuah model dan gagasan baru untuk bisa menciptakan cetakan secara 3 dimensi. Cara kerja printer ini dengan membuat objek prototype padat 3 dimensi dari model digital yang berbahan dasar karet, plastik ataupun dari metal.

Untuk cara kerjanya sendiri terbilang cukup kompleks, sehingga membutuhkan keahlian untuk bisa mempelajari membuat model 3 dimensi. Karena masih baru, tentu ini akan menjadi teknologi mutakhir saat ini, dengan adanya printer 3 dimensi ini, kamu bisa membuat apapun yang kamu inginkan.