data center

Ini Dia Kriteria Data center

Di kota-kota besar, Data center bukanlah hal yang baru lagi. Hal ini dikarenakan hampir semua perusahaan besar termasuk instansi pemerintah memiliki pusat data. Server pusat data merupakan pusat pemrosesan data yang ditunjang dengan perangkat khusus pengolahan data yakni komputer. Pusat data bisa dikatakan juga sebagai fasilitas yang dimanfaatkan untuk menempatkan berbagai server atau sistem komputer sekaligus storge atau sistem penyimpanan data. Secara umum, pusat data dipakai oleh siapa saja yang membutuhkan ruangan untuk menyimpan data agar selalu terjaga dan terjamin keamanannya. Pusat data ini juga didukung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi sehingga pengguna bisa menggunakannya dengan cepat dan juga mudah.

Pengguna Data center Indonesia sekarang ini sudah merambah ke berbagai perusahaan perbankan dan asuransi yang memang membutuhkan ruang yang sempurna untuk menjadi pusat data. Pusat data selain bisa dimanfaatkan untuk mempermudah akses data dan peletakkan data, ternyata juga membuat penggunanya bisa lebih berhemat. Mengapa? Karena dengan adanya pusat data ini, maka penggunaan data perusahaan akan lebih praktis dan efisien sehingga anggaran pengeluaran pun bisa ditekan dengan baik. Setelah memahami pengertian dan manfaat dari adanya pusat data, lantas apa saja kriteria dari sebuah pusat data agar dikatakan memenuhi standar?

Kriteria pertama yang menjadi standar penyimpanan data adalah lokasinya yang aman dari gempa bumi, banjir, demo anarkis, longsor dan gangguan lain yang mengancam keamanan data. Hal ini sangatlah penting agar pusat data yang dipilih bisa dijadikan sebagai tempat yang aman untuk melindungi data perusahaan. Selain itu, kriteria pusat data adalah terpenuhi pendingin ruang server sesuai dengan kapasitasnya. Kriteria selanjutnya adalah Skalabilitas. Pusat data yang ideal harus memiliki fleksibilitas dalam hal memberikan layanan kepada penggunanya. Selain itu, pusat data harus memiliki kehandalan dalam proses pengaksesan data yang dilakukan oleh para penggunanya, mulai dari keahlian dalam mengatur efisiensi jaringan, kecepatan jaringan internet, mengatur fiber optik dan lain sebagainya. Sekian informasi mengenai kriteria dari Data center, semoga bermanfaat.