Tips Mengecas Smartphone Agar Baterai Awet dan Cepat Penuh

ngecas smartphone

Fungsi smartphone modern, kini hampir dapat menggantikan fungsi dari komputer, mulai dari browsing, chatting, video call, dan aktifitas lainnya dapat dilakukan melalui smartphone, namun dengan segala kemudahan tersebut ada sebuah kekurangan yang dimiliki oleh smarthphone dan tidak dimiliki oleh komputer, yakni daya tahan baterai smartphone yang hanya bisa bertahan kurang lebih 6 jam, jika digunakan secara terus-menerus, sedangkan komputer dapat digunakan berapa lama pun, asalkan ada sumber listriknya.
Daya tahan baterai smartphone tersebut tentu belum cukup untuk menemani aktifitas hiburan kita, terlebih jika baterai sudah habis, saat mengecas mau tidak mau kita harus menunggu sampai daya kembali terisi penuh, umumnya waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai adalah satu sampai dua jam pengisian.
Namun, sebenarnya umur, dan daya tahan baterai bisa awet jika kita melakukan proses pengisisan daya dengan benar, dan proses charging yang benar juga dapat mempercepat proses pengisian baterai, berikut cara dan tips melakukan charging yang benar agar cepat penuh:

1. Jangan Terlalu Lama Mengisi Daya Baterai
 

jika anda membeli baterai baru biasanya sang penjual baterai meminta anda agar mencharge baterai selama 4-6 jam pada pengisian pertama, padahal proses charging yang terlalu lama justru akan merusak komponen baterai itu sendiri, bahkan baterai litium dapat meledak apabila terlalu sering mengecas melebihi batas maksimal baterai.
Durasi yang benar dalam mengecas baterai smartphone adalah tergantung berapa lama waktu yang dibutuhkan baterai untuk terisi penuh 100%, dan jika sudah ada notifikasi baterai penuh, sebaiknya segera sudahi proses pengisian daya tersebut.

2. Gunakan Charger Original
 

dengan menggunakan charger yang original dapat mempercepat pengisian baterai, ini karena komponen-komponen yang ada dalam charger original sudah sesuai dengan smartphone anda, jika dibandingkan dengan charger yang beredar dipasaran yang sistem keselamatan penggunaannya kurang tentu lebih baik menggunakan charger original, bahkan ada sebuah kasus dimana seorang wanita tersengat listrik saat mengisi daya smartphonennya karena, menggunakan charger yang bukan original alias KW.

3. Jangan Sampai Baterai Kosong
 

mungkin yang ini sering anda remehkan, dimana saat ada notifikasi baterai lemah, anda justru tetap menggunakannya sampai daya baterai habis 0%, hal ini justru dapat merusak baterai dan mengurangi umurnya, karena baterai sering kosong, maka anda akan mengisi dayanya sampai penuh 100% dan menggunakannya sampai habis lagi, jika kebiasaan ini terus dilakukan baterai dengan kualitas tinggi pun akan sama saja dengan baterai bekas. Jadi, sebaiknya anda jangan terlalu sering menghabiskan baterai dan mengisinya sampai penuh, lebih baik charge saat ada notifikasi baterai lemah, dan segera copot setelah ada notifikasi baterai penuh.

4. Aktifkan Mode Pesawat
 

anda tentu tahu mode ini bukan? Mode pesawat atau airplane digunakan untuk memutuskan jaringan pada smartphone anda saat anda berada didalam pesawat agar tidak mengganggu komunikasi sang pilot. Namun ,anda tetap bisa menggunakan smarhphone anda seperti untuk bermain game, atau sekedar selfie saja.
Mungkin tidak banyak orang yang tahu kalau mode airplane juga dapat digunakan untuk menghemat baterai, alasannya karena saat mode pesawat aktif maka jaringan pada smarhphone pun berhenti bekerja dan tentunya pemakaian baterai juga akan berkurang, mode ini juga dapat digunakan untuk mempercepat pengisian baterai.

5. Jangan Gunakan Smartphone Saat Sedang Mengisi
 

kebiasaan ini juga sering dilakukan oleh banyak orang, mungkin karena ada telpon, atau sms masuk, kita langsung mengangkat atau membaca sms ketika smartphone masih dicas, ada juga orang yang justru asyik bermain game saat menngecas smarthphone, kebiasaan ini dapat merusak dua buah komponen sekaligus yakni baterai dan charger, karena jika saat dicas baterai tetap digunakan, maka baterai pun tidak akan terisi, dan disisi lain membuat baterai cepat panas. Karena proses pengisian daya dilakukan dalam waktu yang lama, maka charger pun akan panas dan mengalami kerusakan, seperti meleleh atau mungkin terbakar.

6. Matikan Smartphone Saat Mengecas
 

cara yang satu ini adalah cara terbaik untuk mengecas smartphone, karena saat smartphone dalam keadaan mati, artinya tidak ada aktifitas yang terjadi dalam smartphone, dan baterai pun tidak terpakai, jadi proses pengisian daya akan lebih cepat dan juga tetap menjaga kualitas baterai.

semoga 6 tips mencharge smartphone diatas dapat membuat baterai smartphone anda awet dan tidak cepat ganti.

Leave a Reply